Pelatihan Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Bisabisnis.id– Pernahkah Anda mendengar tentang budidaya lobster air tawar? Usaha budidaya ini banyak mendapat perhatian karena konon bisa menghasilkan keuntungan yang besar saat panen. Udang karang air tawar atau dalam istilah ilmiahnya Cherax Quadricarinatus adalah hewan yang termasuk dalam kelompok udang air tawar.

5 Hal Penting Dalam Budidaya Lobster Air Tawar

1. Menjaga Kebersihan Kolam

Menjaga kebersihan kolam merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan dalam membudidayakan lobster air tawar. Kolam lobster dapat dibuat dari kolam terpal maupun semen. Apapun bahan kolam itu, sebaiknya pastikan tidak ada bahan kimia yang mengkontaminasi air kolam.

Setelah itu, cairan suplemen dimasukkan ke dalam air. Biarkan beberapa hari agar organisme alami muncul di dalam kolam. Walau begitu, air pada kolam harus diganti secara teratur dan pipa paralonnya harus dibersihkan juga sebanyak 2 hingga 3 hari sekali. Selain itu, berikan cairan suplemen sebanyak 6ml per meter persegi setiap 10 hari sekali.

2. Pembesaran Lobster Air Tawar

Setelah benih lobster menetas dari telur indukan, pisahkan benih menuju bak pembesaran benih yang sudah diberikan suplemen. Benih lobster atau benur yang sudah menetas ini kemudian diberikan pakan pelet lobster, cacing beku, cacing sutra sebanyak 3 persen dari berat lobster. Pemberian pakan sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari pada waktu yang sama supaya lobster tidak memiliki jam tubuh yang berantakan.

3. Memelihara Lobster Air Tawar

Dalam memelihara lobster air tawar, pastika terdapat beberapa pipa paralon sebagai tempat persembunyian lobster. Selain itu, pastikan kolam dan pipa paralon dibersihkan secara teratur. Pemberian suplemen pada air kolam secara teratur juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan lobster.

 4. Jenis dan Cara Pemberian Pakan Lobster Air Tawar

Supaya pertumbuhan lobster air tawar maksimal, maka pakan yang diberikan ke lobster sebaiknya yang bernutrisi tinggi. Ada tiga jenis nutrisi yang bisa diberikan ke lobster, yaitu:

Yang pertama, lobster air tawar bisa diberikan pakan alami seperti cacing, jentik nyamuk, kutu air, cacing tanah dan cacing sutera.

Jenis pakan yang kedua adalah pakan yang diracik oleh pembudidaya. Pakan racikan ini berupa campuran yang terbuat dari tepung udang, tepung ikan, kacang hijau, keong mas, dan sayuran seperti toge dan wortel.

Jenis pakan yang ketiga adalah pakan lobster yang dijual di toko-toko seperti pelet.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, pemberian pakan sebaiknya 3 persen dari berat lobster. Pakan sejumlah tersebut kemudian dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk makan pada pagi hari dan sore hari. Perbandingan jumlah makan pagi dan sore hari adalah 1:3. Jumlah pakan pada sore hari lebih banyak karena rentang waktu dari sore hingga kembali pagi lebih lama. Keesokan harinya, sisa pakan tersebut sebaiknya dibuang saja, sehingga tidak mengotori kolam.

5. Masa Panen Lobster Air Tawar

Untuk membesarkan benih-benih lobster, diperlukan waktu sekitar 6 sampai 8 bulan. Setelah berusia itu, lobster tumbuh menjadi lobster dewasa. Apabila berat lobster sudah mencapai 100 gram, maka lobster untuk konsumsi tersebut siap untuk dipanen.

Lain halnya jika Anda berminat untuk memanen benih lobster untuk diperjualbelikan kembali. Memanen bibit lobster hanya memakan waktu sekitar 20 hari sejak telur yang sudah menetas menjadi benur lepas dan dipisahkan dari indukannya. Biasanya ukuran benur yang sudah bisa dipanen saat ukurannya antara 1 sampai 1 cm.

Itulah langkah mudah untuk melakukan budidaya lobster air tawar Anda sendiri. Pastikan supaya Anda selalu menjaga kondisi kolam supaya lobster bisa terus tumbuh sehat dan tidak sakit.

 

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA