Peluang Bisnis Saat MotoGP Mandalika 2022

Bisabisnis.id – Pembalap MotoGP termasuk Marc Marquez dari Repsol Honda, tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) pada Senin (2 Juli 2022) menjelang tes pramusim di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. selain jadi tuan rumah kita harus membaca Peluang bisnis saat MotoGP Mandalika 2022.

Tes MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung akhir pekan ini atau 11-13 Februari 2022. Sebelum ke Mandalika, Marc Marquez dan yang lainnya sudah lebih dulu melakukan tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Panitia balap MotoGP 2022 Sirkuit Pertamina Mandalika langsung membawa pebalap dan ofisial tim ke beberapa hotel yang sudah melakukan tes PCR dan siap menjalani karantina 24 jam.

Ini merupakan prestasi dan reputasi Provinsi NTB sebagai tuan rumah event bergengsi berkelas dunia dan yang terpenting adalah kesempatan emas khususnya bagi warga sekitar dan NTB pada umumnya. Anda harus memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya.

Ajang MotoGP Lombok diharapkan mampu menarik kurang lebih 100.000 wisatawan domestik dan mancanegara. Selain datang untuk melihat para juara balap, mereka juga ingin menikmati semua yang ditawarkan Pulau Lombok, mulai dari keindahan alam, kelezatan gastronomi hingga pernak-pernik.

Untuk itu, manfaatkan momen ini dengan memulai bisnis dengan segmentasi pasar wisatawan. Jadi, bisnis apa yang cocok selama MotoGP Lombok? Simak peluang bisnis yang yang bisa kalian coba saat perhelatan MotoGP berlangsung.

Peluang Bisnis Saat MotoGP Mandalika

1. Merchandise

Bisnis Merchandise menjadi peluang usaha yang menjanjikan, dimana saat perhelatan berlangsung akan banyak pecinta MotoGP yang akan memburu Merchandise baik untuk sekedar aksesoris atau Cindra mata sebagai bentuk perayaan event MotoGP. Produknya antara lain gantungan kunci, pin, dan kaos ala MotoGP Lombok. Menemukan ide dan inspirasi desain di era digital saat ini sangatlah mudah. Yang terpenting, tidak melanggar hak cipta.

2. Penginapan

Pemerintah daerah NTB saat ini sedang memacu pendirian hotel untuk mendukung perhelatan MotoGP 2022, namun yang jelas tingkat kunjungan wisatawan dan jumlah kamar hotel yang tersedia tidak akan seimbang. Ini merupakan peluang bagi warga sekitar untuk mengubah rumahnya menjadi homestay sementara. Tidak harus mewah. Yang terpenting, harus aman, nyaman dan bersih.

3. Tour and Travel

Meski bisnis travel sedang booming di pulau Lombok saat ini, namun saat MotoGP digelar, permintaan jasa travel dan travel pasti akan meningkat drastis. Anda harus mempertimbangkan layanan tur satu hari. Banyaknya wisatawan yang berkunjung, pasti sebagian dari mereka ingin menikmati keindahan Lombok dan jalan-jalan keliling Lombok. Tentu saja, layanan ini harus didampingi oleh pemandu yang bisa berbahasa asing.

4. Kuliner

Seperti halnya kebutuhan hotel, saat MotoGP digelar, restoran yang ada tidak akan mampu menampung wisatawan yang hadir, dan beberapa wisatawan akan memilih untuk tidak bersantap di restoran tersebut. Hal tersebut menjadi peluang bagi warga sekitar untuk memulai bisnis restoran dengan konsep yang berbeda. Dengan konsep menu masakan khas Lombok, Anda bisa membuka warung makan di website anda atau bekerja sama dengan biro perjalanan untuk menyediakan makan siang kemasan bagi wisatawan.

5. Paket Wisata Lombok-Mandalika

Ada banyak paket wisata Lombok yang tersedia, jadi jangan ragu untuk memulai bisnis ini. Paket wisata Lombok Mandalika dapat dibuka terlebih dahulu. Misalnya anda bisa membuka paket wisata Lombok yang akan mengunjungi kawasan Sirkuit Mandalika, atau Anda bisa membuka paket wisata yang didalamnya termasuk menonton balapan MotoGP atau event balap lainnya. Tentu saja, perjalanan seperti itu akan sangat diminati.

6. Tour Guide

Ada event balap internasional seperti MotoGP dan World Superbike, sehingga turis asing akan datang ke Lombok. Jika anda pernah ke Lombok, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengannya. Namun, wisatawan baru mungkin membutuhkan informasi lengkap tentang Lombok.

Sebagai warga lokal, Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan ini. Dengan kata lain, Anda perlu membuka layanan pemandu wisata. Selama di Lombok, Anda bisa menemani para wisatawan tersebut dan merekomendasikan tempat wisata menarik Lombok, makanan khas Lombok dan lainnya.

Tentu saja, Anda harus memiliki setidaknya beberapa kemahiran bahasa Inggris untuk membuka layanan ini.Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi remaja lokal di Lombok. Karena ini akan sangat berguna nantinya.

7. Oleh-Oleh Khas Lombok

Bisnis Kuliner Khas Lombok adalah produk yang pastinya akan diburu oleh para wisatawan. NTB, atau khususnya Lombok memiliki kuliner khas tersendiri. Peluang bisnis ini harus ada agar wisatawan juga bisa mengenal makanan dan minuman khas Lombok/NTB. Nanti bisa kamu jual di daerah dekat Mandalika.

8. Layanan edit foto MotoGP

Fotografi adalah salah satu barang yang harus dimiliki untuk sebuah acara kelas dunia. Kebanyakan orang ingin mengabadikan pengalaman mereka saat mengitari sirkuit atau menonton MotoGP.

Salah satu peluang bisnis yang unik adalah layanan edit foto dengan idola balap. Edit foto turis anda seolah-olah anda sedang bersama pembalap. Bukankah itu unik?

Masih banyak peluang bisnis lain yang tersedia. Namun, tidak peduli seberapa kreatif sebuah ide bisnis itu tidak akan berhasil kecuali jika dipraktikkan. Jadi, manfaatkan Peluang bisnis saat MotoGP Mandalika 2022 untuk mendapatkan penghasilan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA