Contoh Proposal Usaha Kopi Menarik

Bisabisnis.id– Proposal usaha merupakan persiapan awal yang harus dirancang sebaik mungkin sebelum memulai usaha, salah satunya adalah kedai kopi. Ini akan menjadi rencana usaha masa depan Anda agar bisnis yang Anda bangun memiliki arah dan tujuan yang jelas. Bukan tanpa perencanaan yang matang sebelumnya. Berikut akan kami ulas contoh proposal usaha kopi di bawah ini.

8 Hal Yang Rarus Disertakan Dalam Proposal Usaha Anda

Ebc032d0 60ec 44ca Beea Cdc1b354a123 169

1. Definisi Usaha

Misalnya nama usaha anda adalah Kopi Janji Sejiwa, tuliskan informasi tentang usaha anda.

Tentang Kopi Janji Sejiwa
Kopi Janji Sejiwa mengusung konsep Fresh to Cup, yaitu memilih dan menyajikan kopi lokal terbaik di Indonesia. Tentang Kopi Janji Sejiwa Untuk menjaga kualitas, kami menggunakan biji kopi yang langsung bersumber dari perkebunan kopi terbaik di Indonesia, dan dipilih secara cermat oleh para ahli di bidangnya.

Dengan pengalaman profesional lebih dari 10 tahun, Kopi Janji Sejiwatelah menemukan cara untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

2. Prospek Usaha

Pada 2021, pasokan kopi 795.000 ton dan konsumsi 370.000 ton, dengan surplus 425.000 ton. Konsumsi kopi Indonesia diperkirakan akan mencapai 370.000 ton pada tahun 2021.

Menurut Pusat Sistem Informasi dan Informasi Pertanian Kementerian Pertanian dan Kehutanan, konsumsi kopi secara nasional pada tahun 2016 sekitar 250.000 ton, naik 10,54% menjadi 276.000 ton.

Konsumsi kopi di Indonesia diproyeksikan tumbuh rata-rata 8,22%/tahun selama periode 2016-2021.Pada 2021, pasokan kopi 795.000 ton dan konsumsi 370.000 ton, dengan surplus 425.000 ton.

Sebagai referensi, Indonesia adalah salah satu konsumen kopi terbesar di dunia. Menurut data International Coffee Organization (ICO), konsumsi kopi di Indonesia mencapai 4,6 juta bungkus 60 kg/lb (60 kg) selama 2016/2017, menjadikannya negara konsumsi kopi terbesar keenam di dunia setelah Rusia.

Konsumsi kopi terbesar di dunia adalah di negara-negara anggota Uni Eropa, mengkonsumsi lebih dari 60 kg (42,6 juta pon).
Menggabungkan fakta-fakta di atas, dapat dipastikan bahwa bisnis minuman kopi saat ini merupakan bisnis dengan peluang yang menjanjikan dan potensi keuntungan yang besar.

3. Keunggulan Produk

Anda dapat menentukan kekuatan kopi Anda sendiri dibandingkan dengan kopi lainnya. Misalnya tentang koleksi kopi terlengkap dengan kualitas yang terjamin.

Menggunakan alat terbaru dan mempunyai program pemberdayaan dengan petani kopi. Ini juga dapat memberi tahu Anda tentang harga dan rasa yang membedakan bisnis kopi Anda dari kopi lainnya.

4. Target Pasar

Segmen pasar mencakup semua sektor, tetapi lebih fokus pada anak muda dan pekerja kantoran di sekitar lokasi bisnis.

5. Strategi Pemasaran

Kami menyarankan strategi pemasaran yang efektif melalui penetapan harga yang sesuai, maksimalisasi semua peralatan perkakas dan semua media promosi.

6. Peralatan dan perlengkapan

Perlengkapan dan perlengkapan yang anda perlukan adalah :
• panci
• Mesin gerinda
• pembuat kopi tetes
• Mesin kopi ekspres
• Pencampur
• perangkat makan dari perak
• Barang pecah belah
• Peralatan sanitasi
• Yang lain

7. Harga

Mengingat target konsumen Coffee Shop adalah pelajar sekolah dasar dan pelajar, maka harga kopi yang ditawarkan adalah Rp. 10.000 – Rp. 15.000 won per cangkir.

8. Perkiraan Modal dan Keuntungan

Buatlah perencanaan kalkulasi kebutuhan modal anda, operasional, proyeksi keuntungan laba dan rugi. anda dapat menghitungnya mulai dari kebutuhan harian, bulanan serta tahunan.

Siapkan hitungan kalkulasi ini serinci mungkin untuk menarik minat para investor yang anda bidik. semakin matang hitungan usaha anda, maka kemungkinan mendapatkan investor akan lebih tinggi.

Demikian pembahasan singkat tentang contoh proposal usaha kopi. Saya berharap ini menjadi pelajaran bagi semua orang yang bermimpi untuk memulai sebuah kedai kopi, dan berharap bahwa Anda akan mengambil langkah maju yang pasti dalam pengembangan usaha Anda.

Leave a Comment