Bisabisnis.id – Banyaknya jumlah penikmat kopi di Tanah Air membuat usaha kopi bubuk rumahan menjadi salah satu ide bisnis yang bagus.
Jika Anda memiliki keterampilan dan wawasan yang cukup seputar biji kopi dan memiliki keinginan kuat untuk memulai wirausaha sendiri, Anda bisa membaca informasi di bawah ini.
Peluang Usaha Kopi Bubuk Rumahan
Peluang usaha dari ide bisnis ini cukup menjanjikan karena beberapa hal berikut:
1. Banyak Jenis Kopi yang Bisa Dipilih
Indonesia termasuk salah satu negara penghasil biji kopi terbaik di dunia, karena itu banyak merek kopi lokal yang dikenal hingga mancanegara. Artinya, ada banyak pilihan kopi tersedia tanpa perlu impor dari luar negeri.
2. Target Pasar Luas
Jumlah pecinta kopi di dalam negeri sangat banyak dan dari berbagai kalangan, mulai dari remaja, dewasa, lansia, karyawan biasa, mahasiswa, dan bahkan artis serta pejabat.
Hal ini merupakan keuntungan besar bagi Anda karena bisa dipastikan bahwa usaha kopi Anda bisa dengan mudah mendapat pelanggan, baik lokasi Anda di perkotaan maupun pedesaan.
3. Ide Penjualan Banyak
Meski tampak biasa, kopi bubuk bisa dijual dalam berbagai bentuk mulai dari cara sederhana hingga kekinian seperti berikut:
- Jual Kopi dalam Kemasan
Jika ingin usaha rumahan yang kecil, tidak banyak modal, tanpa karyawan dan memang kebetulan tidak ada lahan sisa di rumah, maka Anda bisa menjual produk kopi saja dalam kemasan dan memasarkannya ke warung kopi di sekitar atau perorangan.
- Warung Kopi
Jika modal Anda sedikit lebih banyak, dan ada ruang tak terpakai di rumah atau ada lahan yang masih kosong, Anda bisa menjual kopi bubuk dengan konsep warung kopi sederhana.
- Kedai/Cafe Kopi Kekinian
Saat ini ada banyak sekali jenis usaha cafe dan kedai kopi keren yang lokasinya sebenarnya ada di rumah si pemilik bisnis. Awalnya mungkin hanya di garasi rumah, tapi seiring waktu bisa meluas ke halaman dan bahkan dengan bangunan baru.
Anda bisa menambahkan sofa-sofa kece ala anak muda, tambahkan interior kekinian, lengkapi dengan Wi-Fi dan gunakan mesin espresso agar kedai Anda terlihat menarik.
- Gerobak Kopi
Ide penjualan ini memang belum banyak terlihat di Indonesia, tapi cukup populer di luar negeri khususnya Amerika, Eropa, dan Australia.
- Cold Brew
Selain kopi panas, Anda juga bisa coba menawarkan kopi dingin (cold brew) dengan susu kepada pelanggan. Mungkin saja jumlah peminatnya ada banyak.
Cara Memulai Usaha Kopi Bubuk Rumahan
1. Tentukan Target
Sebagai penjual kopi, Anda akan memiliki dua jenis pelanggan utama, yaitu pembeli perorangan dan kedai kopi atau bisnis lainnya yang membutuhkan kopi.
Setiap kelompok memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi penting untuk mengetahui audiens target Anda sebelum menentukan jenis kopi yang akan dijual.
Pelanggan yang berbeda juga akan memiliki perhatian yang berbeda dalam hal rasa dan kualitas kopi. Beberapa orang lebih suka kopi bubuk hitam dan pekat, sementara yang lain lebih menikmati kopi bubuk dengan rasa ringan.
2. Tulis Rencana Bisnis
Buat rencana bisnis yang mencakup semua biaya awal, pengeluaran berkelanjutan, dan proyeksi penjualan Anda.
Bersiaplah untuk mengubah rencana bisnis seiring dengan pertumbuhan dan perubahan bisnis kopi Anda. Pastikan juga untuk melacak hasil penjualan, sehingga Anda tahu produk mana yang paling populer dan kurang laku.
3. Pilih Pemasok
Pemasok sangat menentukan bagaimana rasa kopi Anda dan secara tidak langsung mempengaruhi reputasi bisnis Anda. Anda harus memilih pemasok yang menjual kopi berkualitas, bisa mengirim produk dengan cepat, harga produk terjangkau, dan memiliki layanan pelanggan berkualitas.
4. Bangun Brand
Promosikan usaha Anda kepada tetangga, teman, sanak saudara, kenalan dan sebagainya secara offline dan online.
Sebagai langkah awal, Anda bisa mengundang mereka saat pembukaan (jika konsep bisnis Anda adalah kedai/cafe) dan berikan produk Anda secara gratis, tapi minta mereka untuk mempromosikannya di media sosial masing-masing.
5. Berikan Layanan Pelanggan yang Baik
Pastikan bisnis Anda mendapatkan reputasi baik dengan memberikan pelayanan yang ramah dan sopan, menanggapi keluhan pelanggan dengan hati-hati, dan balas chat dengan cepat.
Jika pelanggan menyukai produk dan layanan Anda, mereka akan memberi tahu teman dan keluarga tentang merek Anda atau membagikan konten Anda secara online bahkan tanpa Anda minta.
Cara Memasarkan Kopi Bubuk secara Online
1. Gunakan Media Sosial atau Website
Situs web atau akun media sosial akan menjadi etalase toko online Anda, jadi Anda harus merancangnya dengan hati-hati dan berpikir seolah Anda sedang mendekorasi toko fisik Anda.
Buatlah website dengan antarmuka yang sederhana namun menarik dan mudah digunakan, sehingga pengunjung web bisa mendapat pengalaman menyenangkan saat ‘berjalan-jalan’ di situs Anda.
Pastikan situs web Anda memiliki tampilan bersih dan tampak profesional, sehingga pelanggan yakin dalam melakukan pemesanan online.
Memiliki situs web yang efisien juga akan mendorong pembelian karena pengunjung dapat dengan mudah menemukan dan membeli produk yang dicari.
Sedangkan untuk media sosial, sebaiknya pisahkan dari akun pribadi Anda, sehingga tampilannya akan tampak lebih profesional.
2. Mulailah Membuat Konten Online
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat konten online adalah:
- Foto Berkualitas
Kebanyakan orang ingin melihat tampilan barang yang akan dibeli sebelum benar-benar membayar, jadi isilah situs web dan media sosial Anda dengan foto berkualitas tinggi.
Sertakan beberapa tampilan kemasan kopi dan biji kopi Anda, serta foto orang yang sedang menyeduh atau menikmati kopi Anda.
Pilih gambar yang melibatkan indra dan menarik secara estetika. Ketika pelanggan dapat memvisualisasikan produk dalam tindakan, mereka lebih cenderung melakukan pembelian.
- Deskripsi Produk
Pastikan untuk menyertakan deskripsi produk terperinci yang menggambarkan catatan rasa atau jenis dari setiap produk kopi bubuk Anda (jika memang ada varian rasa atau jenis).
Deskripsi seperti ini akan menarik calon pembeli sekaligus membantu mereka memilih kopi yang tepat sesuai dengan seleranya.
- Konten Tertulis Lainnya
Buatlah postingan yang tidak hanya menjual produk Anda tapi juga membagikan informasi yang relevan dengannya, misalnya cara menyeduh kopi bubuk yang benar, tips penyimpanan kopi agar aroma tidak mudah hilang, mix and match kopi bubuk dengan bahan lain agar rasanya lebih nikmat, dll.
Konten tertulis yang menarik akan membantu pelanggan merasa terhubung dengan Anda dan merek kopi Anda, yang akan menghasilkan lebih banyak penjualan.
3. Gunakan E-Commerce
Platform e-commerce populer seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan yang lainnya adalah pilihan paling tepat dan mudah untuk memperluas bisnis Anda secara online.
Sejumlah e-commerce ini menyediakan desain situs web yang dapat disesuaikan, fungsi checkout yang mudah digunakan, dan ada banyak metode pembayaran.
Simak juga:: √ 7+ Tips: Cara Memulai Usaha Frozen Food Bagi Pemula
Usaha kopi bubuk rumahan adalah bisnis yang tampak sederhana tapi menawarkan masa depan yang cukup menjanjikan. Jika Anda bisa menggunakan strategi bisnis yang bagus, Anda bahkan bisa merambah ke luar negeri seperti beberapa merek kopi lokal Indonesia lainnya.