bisabisnis – Saat ini ada banyak pilihan platform pasar yang dapat anda pilih untuk memulai strategi bisnis online laris dan viral. Setiap platform memiliki karakteristik dan pasarnya sendiri. Saat ini banyak orang lebih memilih berbelanja di pasar karena banyaknya promo.
Selain itu, pilihan produknya juga beragam. Hal ini membuat banyak perusahaan, mulai dari perusahaan kecil hingga merek besar, semuanya memasuki platform pasar. Apalagi Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuat toko online dan berjualan di pasaran.
Namun dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan pasar, jumlah toko online yang ada di pasaran juga sangat banyak. Jika Anda tidak dapat bersaing dengan toko lain, akan sulit untuk mengembangkan bisnis Anda. Apa yang bisa dilakukan untuk sukses berjualan online di marketplace? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat penjualan Anda berjalan dengan baik.
7 Strategi Bisnis Online Supaya Jualan Laris Manis
1. Profil Toko Lengkap
Pertama, selesaikan hal-hal mendasar terlebih dahulu, mulai dengan nama toko, gambar tampilan, deskripsi toko, tautan ke situs web toko online dan media sosial, jam buka, dll.
Buat mereka membuat merek Anda lebih terlihat dan mudah diingat. Profil toko yang lengkap juga membuat lapak terlihat profesional dan ramai sehingga masyarakat tidak ragu untuk bertransaksi.
2. Deskripsi Produk Dan Foto
Hal lain yang harus dilengkapi adalah deskripsi produk dan foto. Cantumkan dengan jelas informasi produk mulai dari spesifikasi, warna, ukuran, bahan, stok, dll. Gunakan juga gambar yang jelas dan berkualitas agar orang tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang produk Anda.
Mengapa informasi produk sangat penting? Jika informasi produk Anda tidak lengkap, berarti calon pembeli harus bertanya terlebih dahulu kepada Anda. Ini jelas membutuhkan waktu lebih lama. Jika pesaing memiliki informasi produk yang lebih jelas, calon pembeli dapat melarikan diri ke toko pesaing. Dengan menyertakan informasi yang lengkap, Anda memudahkan pengalaman berbelanja konsumen.
3. Menawarkan Berbagai Pilihan Layanan Pengiriman
Memilih jasa pengiriman juga bisa menentukan apa yang Anda ketahui. Dengan banyaknya pilihan, konsumen memiliki kebebasan yang lebih dalam memutuskan kapan mereka dapat menerima barang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, terkadang ada beberapa jasa pengiriman yang menawarkan beberapa jenis pengiriman.
Tarif pengiriman juga dapat bervariasi. Misalnya untuk pengiriman ke Zona A mungkin lebih murah menggunakan pengiriman tunggal, sedangkan pengiriman ke Zona B lebih murah dengan layanan pengiriman lainnya. Dengan menyediakan berbagai pilihan layanan pengiriman, konsumen lebih leluasa saat berbelanja.
4. Tentukan Harga yang Wajar
Harga yang wajar dan masuk akan menjadi salah satu faktor penting orang berbelanja dan membeli produk anda. Di pasar, masyarakat dapat dengan mudah membandingkan harga produk di satu kios dengan harga di kios lainnya.
Oleh karena itu, sebelum menentukan harga, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu terhadap harga di pasaran. Sehingga harga produk Anda dapat bersaing dengan kios lainnya.
5. Berikan Promo Secara Teratur
Cara lain untuk menarik konsumen adalah dengan menawarkan promosi rutin. Penawaran ini bisa berupa cashback, gratis ongkos kirim, potongan harga, dan lainnya. Anda juga dapat memberikan berbagai macam program promosi yang berbeda dari kompetitor anda.
Misalnya dengan cara membuat promosi untuk pembelian pertama, akan mendapatkan potongan harga untuk pembelian selanjutnya, promosi voucher, hari-hari tertentu dan lain sebagianya. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti festival yang diadakan di pasar tempat Anda berjualan sehingga kemungkinan melihat lapak Anda oleh banyak orang lebih tinggi.
6. Promosikan produk Anda
untuk mempromosikan produk anda, ada beberapa cara yang data anda lakukan. Di platform pasar itu sendiri, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur periklanan yang tersedia. Jika tidak ingin mengeluarkan modal, Anda bisa mempromosikannya secara gratis melalui feed market.
Selain platform pasar, Anda juga dapat mempromosikan halaman lapak Anda dan menautkannya ke akun media sosial perusahaan Anda dan menjualnya secara online. Dengan begitu, semakin banyak orang yang mengetahui tentang Lapak Anda sehingga jangkauan target konsumen juga bisa lebih luas.
7. Manfaatkan Fitur Marketplace
Biasanya, setiap pasar memiliki fitur tertentu yang dapat membantu Anda mempromosikan toko dan meningkatkan penjualan. Pelajari fitur-fitur ini dan pilih beberapa fitur yang menurut Anda berguna untuk mendukung penjualan online Anda.
Salah satu contoh fiturnya misalnya adalah fitur Super Seller yang terdapat di sejumlah marketplace. Di Tokopedia namanya Power Merchant. Di Shopee disebut Star Seller, di Bukalapak disebut Super Seller.
Dengan meng-upgrade toko Anda, toko biasanya mendapatkan keuntungan seperti ditampilkan di halaman khusus atau keuntungan lainnya. Biasanya untuk menjadi seorang penjual premium, ada beberapa syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Selain itu, toko penjual kelas atas biasanya dikenal.
Dengan menerapkan strategi bisnis online laris dan viral ala master selling di atas di harapankan mampu mendongkrak peforma penjualan toko anda.