Contoh Proposal Usaha Yang Dapat Dijadikan Referensi

Bisabisnis.id – Ketika seseorang mendirikan usaha baru, ia harus mempersiapkan berbagai dokumen. Salah satunya adalah proposal usaha. Seperti apakah proposal ini? Anda dapat lebih mengenalnya melalui contoh proposal usaha yang ada di artikel ini.

Proposal usaha perlu dibuat karena dapat digunakan untuk berbagai tujuan.

Beberapa di antaranya adalah untuk mengajukan pinjaman modal di bank, mengajukan kerja sama dengan investor, mengajukan tender dengan lembaga pemerintah dan untuk mengembangkan rencana bisnis.

Tips Membuat Proposal Usaha

Sebuah proposal usaha yang menarik dapat membuat investor atau pihak terkait merasa tertarik untuk melakukan kerja sama usaha dengan Anda.

Untuk membuatnya menarik, Anda dapat mencoba tipsnya dari Bisabisnis di bawah ini.

1. Pastikan Bahwa Proposal Usaha Memiliki Detail yang Lengkap

Proposal usaha harus mencantumkan semua detail yang perlu dicantumkan, misalnya analisis SWOT, profil usaha, dan produk usaha. Dengan adanya detail informasi yang lengkap, investor dan pihak terkait akan memiliki gambaran yang lebih jelas akan usaha anda.

2. Sajikan Proposal dengan Menarik dan Profesional

Agar proposal terlihat lebih menarik, Anda dapat menyajikannya dengan template yang menarik. Akan tetapi, template ini tetap haru terlihat profesional. Selain itu, pastikan juga Anda menyusunnya dengan tata bahasa yang baik dan pilihan kata yang tepat.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Jika Anda berkecimpung dalam bisnis kuliner, tentu saja proposal usaha yang harus Anda buat berbeda dari jenis usaha lain.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihatnya pada contoh proposal usaha ini.

Proposal Usaha Cake and Bakery

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Produk cake and bakery adalah produk yang selalu memiliki banyak peminat. Konsumen juga sering membeli produk ini dalam partai besar untuk keperluan hajatan. Sehingga, jenis usaha roti dan kue memiliki peluang besar untuk menjadi bisnis yang menguntungkan

B. Tujuan Usaha

Menyediakan aneka produk cake and bakery bagi masyarakat untuk berbagai keperluan. 

Rencana Usaha

A. Profil Usaha

  • Nama Produk         : Alifa’s Cake and Bakery
  • Jenis Usaha         : Usaha kuliner kecil
  • Alamat            : Jl. Affandi no. 120 Jakarta Selatan
  • Susunan Personalia    : Alifa Maharani (Pemilik dan Penanggung Jawab Keuangan)

  Deni Alfian (Penanggung Jawab Bidang Pemasaran)

  Yulia Kharisma (Penanggung Jawab Bidang Produksi)

B. Visi dan Misi

Visi     : Menjadi perusahaan cake and bakery yang sukses, disukai oleh masyarakat, dan mampu bertahan di segala situasi.

Misi    : Mampu menghasilkan produk cake and bakery  yang lezat dan sehat dengan harga bersaing.

C. Analisis SWOT

  • Strength

Alifa’s Cake and Bakery memiliki koki handal dan berpengalaman yang mampu menghasilkan kue dan roti dengan rasa enak dan lezat.

  • Weakness

Modal yang dimiliki Alifa’s Cake and Bakery masih sangat terbatas sehingga perusahaan mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya.

  • Opportunity

Belum add usaha Cake and Bakery di sekitar Jl. Afandi. Selain itu, area tersebut cukup padat penduduk sehingga peluang Alifa’s Cake and Bakery untuk memperoleh pelanggan cukup besar

  • Threat

Sebagian masyarakat sudah memiliki bakery langganan sehingga Alifa’s Cake and Bakery perlu melakukan strategi khusus untuk mengalihkan loyalitas masyarakat dari bakery langganan mereka.

D. Produk

  • Gambaran Produk

Alifa’s Cake and Bakery menawarkan aneka kue dan roti dengan berbagai rasa, misalnya kue ulang tahun, roti tawar, chiffon keju, dan brownies.

Semua produk dibuat dari bahan alami dan standar kebersihan yang tinggi sehingga produk yang dihasilkan enak dan sehat. 

  • Target Pasar

Masyarakat umum

  • Strategi Pemasaran

Produk akan dipasarkan melalui toko Alifa’s Cake and Bakery yang terletak di Jl. Affandi no. 120 Jakarta Selatan. Setiap hari Jum’at, produk akan dijual dengan harga diskon. Selain itu, produk juga akan dijual melalui media sosial, GoFood, dan GrabFood.

Perencanaan Keuangan

A. Biaya Pra-Produksi

  1. Peralatan membuat kue    Rp10.000.000
  2. Oven                                    Rp10.000.000
  3. Banner dan Promosi          Rp  5.000.000
  4. Perizinan                             Rp  2.000.000
  5. Dekor dan Furnitur Toko   Rp10.000.000

Total                                      Rp37.000.000

B. Biaya Produksi Harian

  1. Tepung Terigu 10 kg    Rp 100.000
  2. Margarin 10 kg             Rp 150.000
  3. Telur 15 kg                    Rp 375.000
  4. Gula 20 kg                    Rp 300.000
  5. Ragi Instan 1 kg            Rp  50.000
  6. Baking Powder 1 kg     Rp  40.000
  7. Pewarna Makanan       Rp  50.000
  8. Selai Aneka Rasa 4kg  Rp300.000
  9. Abon 1 kg                      Rp150.000
  10. Keju 1 kg                        Rp175.000
  11. Coklat Blok     2 kg       Rp200.000
  12. Gas                                Rp100.000
  13. Lain-Lain                       Rp 160.000

Total                                Rp2.150.000

C. Daftar Harga Produk

  1. Kue Ulang Tahun mulai Rp100.000
  2. Brownies Rp45.000/loyang
  3. Chiffon Keju Rp50.000/loyang
  4. Lapis Legit Rp40.000/loyang
  5. Roti Tawar @ Rp15.000
  6. Roti Isi Selai/Coklat @ Rp5.000
  7. Roti Abon @Rp5.000
  8. Donat @ Rp5.000

D. Pendapatan

Biaya produksi per hari Rp2.150.000

Perkiraan Pendapatan Rp2.500.000

Keuntungan Rp350.000

Penutup

Kue dan roti adalah produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Sehingga, bisnis Alifa’s Cake and Bakery ini memiliki peluang untuk maju dan berkembang.

Contoh Proposal Usaha Kerajinan Tas

Bisnis kerajinan tas adalah usaha yang cukup menguntungkan. Jika Anda ingin mencoba peruntungan dalam usaha di bidang ini, Anda perlu membuat proposal usaha berikut.

Proposal Usaha Kerajinan Tas 

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Produk kerajinan tas memiliki banyak peminat, baik pria maupun wanita. Sehingga, usaha ini memiliki peluang yang cukup baik untuk menjadi usaha yang menguntungkan.

  1. Tujuan Usaha

Menyediakan produk kerajinan tas berkualitas untuk pria dan wanita yang terbuat dari kulit sintetis dan berbagai bahan lainnya.

Rencana Usaha

  1. Profil Usaha
  • Nama Produk         : Alwi’s bag
  • Jenis Usaha         : Usaha kerajinan tas
  • Alamat            : Jl. Sukamaju no. 80 Bandung
  • Susunan Personalia    : Alwi Baskara (Pemilik dan Penanggungjawab Utama)

  Dina Nur Khasanah (Penanggungjawab Bidang Pemasaran)

  Heru Purwanto (Penanggungjawab Bidang Produksi)

  1. Visi dan Misi

Visi     : Menjadi pengrajin tas ternama yang mampu menghasilkan kerajinan tas berkualitas dan menarik serta populer di seluruh Indonesia.

Misi    : Mampu menghasilkan kerajinan tas berkualitas dengan desain trendy dan menarik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

  1. Analisis SWOT
  • Strength

Alwi’s Bag mampu menghasilkan produk yang bersaing di pasaran karena produk-produknya memiliki desain yang selalu mengikuti trend. Produk Alwi’s bag dibuat dari bahan berkualitas  dan melalui proses pembuatan yang berstandar tinggi.

  • Weakness

Modal yang dimiliki masih terbatas sehingga perusahaan belum bisa mengembangkan usahanya secara maksimal.

  • Opportunity

Tas merupakan aksesoris yang dibutuhkan oleh hampir setiap orang sehingga produk ini memiliki kesempatan besar untuk laku di pasaran.

  • Threat

Persaingan usaha dalam bidang kerajinan tas di Bandung cukup ketat.

  1. Produk
  • Gambaran Produk

Produk kerajinan tas dari Alwi’s bag diperuntukkan bagi pria dan wanita. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai kebutuhan konsumen. Produk Alwi’s Bag terbuat dari beberapa macam material, misalnya kanvas, kulit sintetis, denim, dan polyester.

Desain tas dari Alwi’s bag dibuat dengan mengacu pada tas branded. Dengan demikian, desain produk selalu menarik dan fashionable. 

  • Target Pasar

Masyarakat umum

  • Strategi Pemasaran

Produk akan dipasarkan melalui toko Alwi’s Bag yang terletak di Jl. Sukamaju no. 80 Bandung dan beberapa toko mitra Alwi’s Bag. Selain itu, produk juga akan dijual melalui berbagai marketplace dan online shop.

Perencanaan Keuangan

  1. Biaya Pra-Produksi
  • Peralatan membuat kerajinan    Rp10.000.000
  • Banner dan Promosi        Rp  5.000.000
  • Perizinan                Rp  2.000.000
  • Dekor dan Furnitur Toko        Rp  5.000.000

Total                     Rp22.000.000

  1. Biaya Produksi per Minggu
  • Bahan Baku Tas            Rp1.000.000
  • Listrik                Rp   100.000
  • Label produk            Rp   100.000
  • Kemasan                Rp   100.000
  • Gaji pegawai 4 orang        Rp   200.000

Total                    Rp1.500.000

  1. Daftar Harga Produk
  1. Tas wanita kasual mulai Rp80.000
  2. Tas pria kasual mulai Rp80.000
  3. Tas wanita untuk pesta mulai Rp150.000
  4. Tas sekolah mulai Rp120.000
  1. Pendapatan

Biaya produksi per minggu Rp1.500.000

Perkiraan Pendapatan Rp2.000.000

Keuntungan Rp500.000

Penutup

Kerajinan tas untuk pria dan wanita yang didesain dengan apik dan sesuai kebutuhan konsumen akan mendatangkan keuntungan besar.

Contoh Proposal Usaha Dagang

Jika Anda sedang berusaha untuk mendirikan usaha dagang, proposal usaha di bawah ini dapat Anda jadikan referensi ketika membuat proposal usaha.

Proposal Usaha Dagang Sembako

Pendahuluan

  1. Latar Belakang

Produk sembako adalah produk yang dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat. Sehingga, penjualan produk ini menawarkan keuntungan yang menjanjikan.

  1. Tujuan Usaha

Menjual aneka produk sembako dalam partai besar maupun kecil.

Rencana Usaha

1. Profil Usaha

  • Nama Produk         : Toko Sembako Murah
  • Jenis Usaha         : Usaha Dagang Kecil
  • Alamat            : Jl. Mawar no. 12 Pekalongan
  • Susunan Personalia    : Wisnu Pratama (Pemilik dan Pengelola)

2. Visi dan Misi

Visi     : Menjadi toko sembako yang mampu menyediakan semua kebutuhan pokok masyarakat dan memberikan pelayanan penjualan yang profesional.

Misi    : Menjual aneka produk sembako secara eceran ataupun grosir dengan harga bersaing serta memberikan layanan penjualan yang sopan, ramah, dan profesional. 

3. Analisis SWOT

  • Strength

Toko Sembako Murah memiliki koneksi tengkulak yang menawarkan produk berkualitas dengan harga miring. Sehingga, toko dapat menjual produk sembako dengan harga bersaing dan tetap memperoleh keuntungan.

  • Weakness

Modal yang dimiliki masih terbatas sehingga toko belum bisa mengembangkan usahanya secara maksimal.

  • Opportunity

Lokasi toko merupakan area strategis dan minim persaingan sehingga toko memiliki peluang lebih besar untuk memiliki pelanggan tetap.

  • Threat

Harga bahan pokok sering mengalami perubahan sehingga keuntungan toko juga bersifat fluktuatif.

4. Produk

  • Gambaran Produk

Toko Sembako Murah menjual berbagai jenis bahan pokok, misalnya beras, gula, minyak, telur, mie instan, dan tepung. Produk yang dijual memiliki kualitas menengah hingga super.

Bahan pokok tersebut dijual dalam partai besar dan kecil. Khusus untuk pembelian dalam partai besar, Toko Sembako Murah akan memberikan potongan khusus.

  • Target Pasar

Masyarakat umum

  • Strategi Pemasaran

Produk akan dipasarkan melalui Toko Sembako Murah sehingga pelanggan dapat langsung datang ke toko untuk membeli. Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pemesanan produk melalui WA.

Perencanaan Keuangan

1. Biaya Pendirian Toko

  • Biaya Sewa Tempat/Tahun         Rp10.000.000
  • Perizinan                 Rp  1.000.000
  • Perlengkapan dan peralatan toko     Rp  3.500.000
  • Banner dan promosi         Rp     500.000

Total                             Rp15.000.000

2. Biaya Operasional per Hari

  • Belanja Toko        Rp2.000.000
  • Plastik dan Kemasan     Rp    30.000
  • Gaji 3 pegawai per Hari    Rp   120.000
  • Lain-Lain            Rp   100.000
  • Total                    Rp2.250.000

3. Pendapatan

  • Biaya operasional per hari Rp2.250.000
  • Perkiraan Pendapatan Rp2.500.000
  • Keuntungan Rp250.000

Penutup

Produk sembako adalah produk kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, penjualan produk tersebut menjanjikan keuntungan besar.

Contoh Proposal Usaha Jasa

Mendirikan perusahaan di bidang jasa juga mengharuskan Anda untuk membuat proposal usaha. Untuk membuatnya, Anda dapat mencontoh proposal berikut ini.

Proposal Usaha Jasa Penjahit 

Pendahuluan

  1.  Latar Belakang

Jasa penjahit masih dibutuhkan di tengah banyaknya toko baju saat ini. Usaha dalam bidang ini dapat bertahan karena masyarakat membutuhkan jasa penjahit untuk menjahit seragam, kebaya, dan jenis pakaian lainnya.

  1. Tujuan Usaha

Memberikan jasa menjahit pakaian yang memuaskan bagi pelanggan.

Rencana Usaha

  1. Profil Usaha
  • Nama Produk         : Modiste Clara
  • Jenis Usaha         : Jasa Penjahit
  • Alamat            : Jl. Mataram no. 45 Yogyakarta
  • Susunan Personalia    : Clara Andini (Pemilik dan Penanggung Jawab Utama)
  1. Visi dan Misi

Visi     : Menjadi penyedia jasa jahit beragam jenis pakaian yang ternama

Misi    : Mampu memberikan pelayanan jasa jahit pakaian yang berkualitas dengan harga bersaing.

  1. Analisis SWOT
  • Strength

Mempekerjakan penjahit berpengalaman yang mampu menghasilkan pakaian sesuai permintaan pelanggan.

  • Weakness

Modal usaha belum cukup untuk mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi

  • Opportunity

Persaingan usaha di sekitar lokasi cenderung rendah dan menguntungkan Modiste Clara.

  • Threat

Permintaan jasa jahit pakaian hanya ramai pada waktu-waktu tertentu.

  1. Jasa
  • Gambaran Jasa

Menyediakan jasa jahit pakaian pria, wanita, dan anak-anak dalam berbagai jenis model, misalnya seragam, kebaya, jas, dan pakaian kasual. Hasil jahitan di Modiste Clara dijamin rapi dan kuat.

Selain itu, Modiste Clara juga menawarkan layanan profesional dan tepat waktu. Sehingga, hasil jahitan akan selesai sesuai dengan waktu yang disepakati oleh pihak modiste dan pelanggan.

  • Target Pasar

Masyarakat umum

  • Strategi Pemasaran

Modiste Clara dipromosikan lewat berbagai media, misalnya media sosial dan media cetak. Selain itu, modiste bekerjasama dengan kantor, sekolah, dan toko kain untuk menarik pelanggan.

Pelanggan tidak perlu datang ke gerai untuk menjahitkan pakaian. Staf modiste bersedia mendatangi pelanggan untuk melakukan pengukuran, pengambilan kain, dan pengantaran hasil jahitan.

Perencanaan Keuangan

  1. Biaya Pendirian Usaha
  • Mesin Jahit    (3)            Rp30.000.000
  • Mesin obras (1)            Rp  3.000.000
  • Manekin dan peralatan jahit        Rp  2.000.000
  • Promosi dan Perizinan        Rp  1.500.000 

Total                     Rp36.500.000

  1. Biaya Operasional per Bulan
  • Peralatan dan Perlengkapan jahit     Rp  300.000
  • Tagihan Listrik             Rp  200.000
  • Gaji 3 Pegawai            Rp6.000.000

Total                    Rp6.500.000

  1. Daftar Tarif Jahit
  • Kebaya mulai         Rp150.000
  • Satu stel seragam mulai      Rp 60.000
  • Satu stel jas mulai        Rp1.000.000
  • Pendapatan

Biaya operasional per bulan Rp6.500.000

Perkiraan Pendapatan Rp7.000.000

Keuntungan Rp500.000

Penutup

Jasa penjahit memiliki prospek bisnis yang baik di masyarakat karena masyarakat masih membutuhkan jasa tersebut.
Kini setelah Anda mengamati contoh proposal usaha di atas, Anda pasti tidak akan kesulitan untuk membuat proposal usaha. Agar proposal tersebut lebih menarik dan berbobot, pastikan Anda melakukan analisis SWOT dengan lebih mendalam dan menuliskan semua informasi penting tentang usaha Anda.

Simak juga:: √ [Lengkap] Contoh Surat Izin Usaha Yang Bisa Anda Gunakan

Itulah beberapa contoh proposal usaha yang bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi ketika sedang membuat sebuah proposal usaha. Semoga dengan adanya contoh diatas bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengerjakannya.

Leave a Comment