bisabisnis – Anda Jualan Online dan ingin produk anda laris manis? Anda perlu melakukan riset produk terlaris untuk mengetahui di mana bisnis anda bersaing.
Sehingga anda dapat mengetahui apakah produk anda memiliki banyak persaingan atau apakah harga produk yang ditawarkan cukup kompetitif untuk menarik konsumen.
Tapi bagaimana dengan riset produk? Berikut kami sajikan metode cara riset produk terlaris untuk bisnis online.
Pengertian Riset Produk
Riset produk adalah proses menemukan informasi tentang produk bisnis dalam hal harga, kualitas, dan persaingan.
Tujuannya, Anda tidak hanya tahu produk apa yang akan dijual, tetapi juga cara terbaik untuk memasarkan dan mengembangkan produk tersebut. Lebih khusus lagi, riset produk dilakukan untuk menemukan tiga hal:
- Kemungkinan produk atau jasa anda akan laku di pasar.
- Pesaing bisnis yang sejenis
- Inovasi produk dan layanan
Manfaat Riset Produk
Riset melakukan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis. Anda dapat menggunakan informasi yang anda kumpulkan dari riset produk untuk mengembangkan strategi penjualan yang efektif. Kerugian dapat dihindari dengan riset produk yang baik.
Hal ini juga akan memberi anda pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana anda harus bersaing dengan penjual lain. Misalnya, Anda ingin menjual produk fashion wanita gamis di sebuah market place. Anda dapat memulainya dengan cara cek dalam market place apakah gamis memiliki trend penjualan yang tinggi atau tidak.
Riset produk dapat membantu anda mengetahui apakah konsumen anda membutuhkan gamis atau tidak. Anda dapat mengetahui model gamis yang seperti apa yang saat ini sedang laris manis di pasaran, Kisaran harga, target pasar, dan konten iklan apa yang bisa digunakan untuk menarik konsumen yang akan anda sasar.
Berikut Cara Meneliti Produk Untuk Penjualan Online.
- Manfaatkan Google Trends
- Survei di pasar populer
- Menggunakan Perencana Kata Kunci Google
- Lihat ulasan konsumen
- Melakukan survei dengan kuesioner
Cara Riset Produk Online
1. Manfaatkan Google Trends
Cara pertama melakukan riset produk adalah dengan menggunakan Google Trends, alat yang menunjukkan seberapa sering topik ditelusuri di Google.Nah, temuan Anda pasti akan jauh lebih akurat
karena Google sendiri adalah mesin pencari yang dominan, terhitung lebih dari 92% dari pencarian di seluruh dunia. Goggle Trends memiliki fitur yang memudahkan anda menemukan produk yang paling diminati oleh konsumen Dari lokasi, rentang waktu, kategori dan target konsumen anda.
Riset produk mengungkapkan tren permintaan pasar. Seperti yang anda lihat, grafiknya cenderung meningkat di awal tahun. Dengan kata lain, peralatan olahraga adalah yang banyak dicari orang di era itu. Data ini dapat menjadi bekal untuk merancang strategi untuk meningkatkan penjualan produk dalam waktu yang ideal.
Jika anda bingung antara kedua produk tersebut, Google Trends juga memberikan Anda pilihan untuk membandingkan melalui kolom Bandingkan.
2. Survei di Marketplace
Metode penelitian produk selanjutnya adalah penelitian produk yang diminati di pasar yang berbeda.
Dengan riset produk singkat ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual masker dan produk fashion untuk memulai bisnis anda mengikuti tren permintaan konsumen. Namun, karena hasil dari istilah pencarian populer dan produk terlaris sering berubah, perlu untuk memahami situasi perkembangan sebelum memasuki bisnis yang sebenarnya.
Jika anda sudah memiliki ide untuk produk yang akan dipasarkan, itu lain cerita. Yang harus anda lakukan adalah riset produk untuk melihat produk mana yang paling laku di ceruk itu. Tingkat penjualannya menjanjikan, jadi anda bisa mempertimbangkan untuk menjual produk jenis ini.
Kami dapat melanjutkan penelitian produk kami di pasar sesuai kebutuhan. Misalnya, anda ingin menjual produk hanya di kota dan menggunakan filter lokasi. Selain itu, berbagai filter seperti metode pembayaran dan program promosi dapat diterapkan untuk lebih memahami tren produk.
3. Menggunakan Perencana Kata Kunci Google
Jumlah pencarian untuk kata kunci tertentu yang menunjukkan minat pada produk. Selanjutnya estimasi performa kata kunci dan jumlah klik yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk.
Caranya cukup dengan memasukkan kata kunci produk yang ingin anda jual ke dalam kolom pencarian. Misalnya, ketik jam lalu tekan Enter.
4. Lihat Ulasan Konsumen Secara Umum
produk yang laris atau trendi banyak dievaluasi oleh konsumen. Melihat ulasan dapat memberi anda informasi tentang kualitas suatu produk berdasarkan ulasan pengguna. Anda dapat membandingkan peringkat pembeli dengan deskripsi iklan yang ditulis oleh penjual.
Tahap riset produk ini sangat cocok untuk pengguna yang ingin menjadi reseller produk tertentu. Namun, riset produk melalui review juga merupakan sarana untuk menemukan kekuatan dan kelemahan produk pesaing bagi mereka yang membuat produk sendiri.
Dengan informasi yang anda dapatkan, Anda dapat menyusun strategi bagaimana membuat produk Anda lebih baik dari pesaing anda. Misalnya, saya meneliti produk jam tangan pintar yang sedang populer di salah satu pasar dan menemukan bahwa iPhone X menerima 90.000 ulasan.
Jika jenis bisnis anda adalah elektronik atau gadget, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual produk ini. Namun, ada baiknya juga melakukan riset produk dengan melihat ulasan di berbagai platform seperti YouTube dan blog.
5. Melakukan Survei Dengan Kuesioner
Cara lain yang bisa anda lakukan untuk melakukan riset produk adalah melalui survei menggunakan kuesioner. Metode ini merupakan pendekatan langsung agar konsumen dapat memperoleh informasi yang lebih detail dan mendalam, berbeda dengan penelitian produk yang telah diulas sebelumnya.
Kunci penelitian produk melalui kuesioner adalah mengajukan pertanyaan yang tepat kepada responden yang sesuai dengan target pasar bisnis mereka. Baik anda akan meluncurkan produk baru atau ingin mengetahui performa brand bisnis anda di mata konsumen.
Misalkan anda memiliki bisnis aksesoris Laptop, Anda dapat menggunakan pertanyaan berikut dalam kuesioner anda:
- Seberapa sering Anda menggunakan produk kami?
- Fitur mana dari produk kami yang paling Anda sukai?
- Apa keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk pesaing?
- Fitur apa yang hilang dari produk kami?
- Apakah produk kami layak direkomendasikan untuk lingkungan Anda?
- Bagaimana kami dapat meningkatkan produk agar sesuai dengan kebutuhan Anda?
Kembangkan pertanyaan mendalam untuk mendapatkan tanggapan konsumen yang anda butuhkan.
Informasi yang diperoleh kemudian dapat diolah menjadi strategi untuk meningkatkan penjualan produk.
Anda ingin jualan online anda laris manis di pasaran? Lakukan cara riset produk terlaris untuk memulai bisnis online anda.